Sistem Pendidikan Korea Selatan Ternyata Horor!!

Anyeonghaseyo… Sesuai judul postingan, MinTS mau berbagi sedikit cerita tentang pendidikan di Korea Selatan. Mimin jadi kepo sama sistem pendidikan di Korea Selatan gara-gara nonton K-Drama, reality show, sama waktu chat sama pelajar KorSel. Ini dia hasil browsingan mimin di Om Google:

- Bagaimana sih sistem pendidikan di Korea Selatan itu?

Sistem pendidikan di Korea saat ini mirip dengan di Indonesia, yaitu 6 tahun pendidikan dasar, 3 tahun pendidikan menengah awal, 3 tahun menengah atas, baru kemudian pendidikan tinggi. Usia untuk sekolah dasar pun sama dengan di negara kita yaitu dari mulai usia sekitar 6 tahun, dan untuk tingkat pendidikan seterusnya pun tak jauh berbeda.

- Jenis SMA di KorSel?

Sekolah menengah atas di korea biasanya dibagi menjadi dua jenis, sekolah umum dan kejuruan. Ada juga beberapa sekolah yang disebut sekolah komprehensif, yaitu sekolah umum dan kejuruan digabung. Sekolah-sekolah khusus pun ada, misalnya sekolah menengah khusus seni, olahraga, ilmu pengetahuan, dll.

- Bagaimana kehidupan sekolah di Korea Selatan?

  • Anak berumur 13 dan 14 tahun bersekolah hingga pukul 5 PM
  • Anak usia 15 tahun bersekolah hingga pukul 7PM
  • Anak usia16-18tahun bersekolah dari pukul 7AM – 10PM.

See that?? Korea terkenal dengan jiwa workaholic nomor wahid di dunia. Hingga pelajar di Korea pun juga nomor satu belajarnya! Menghafal rumus adalah salah satu trait penting di sini menuju sukses ujian nasional (Seu-nung). Mungkin menghafal beberapa rumus sederhana tidak menjadi masalah, namun mereka juga menghafal rumus2 penurunan; kebiasaan ini berlangsung sampai universitas juga.

Hal ini memang NYATA! Dulu mimin pernah punya pen-pal pelajar SMA tingkat akhir di Korea, setiap mimin kirim email hari ini, dia akan bales esok harinya, dan dia akan membalasnya tengah malam. Waktu mimin tanya kenapa, dia bilang “I have to go to school at 7AM until 10PM”  HOAAAPAAA?? Mimin syioook banget nih… Kok segitunya…

- Apakah ada bimbel di KorSel?

Kalo kamu pelajar KorSel dan NGGAK IKUT BIMBEL = ANEH!! Para pelajar juga harus mengikuti Hagwon (bimbingan belajar) yang dimulai sepulang sekolah! Mimin tambah syiok nih… Jadi untuk murid SMA harus pulang ke rumah sekitar tengah malam. Ini jadwal bimbel di KorSel:

Image

 

Hal pertama yang kalian baca pasti waktunya, dan jika kalo kamu kira itu pagi hari (AM), SALAH BESAR.

Those times are during PM, means the last class finished 20 minutes after midnight.

Detail dari waktunya adalah :

  • Anak berumur 13 dan 14 tahun mulai kelas pada pukul 5:50, mengambil dua kelas 60 menit dan satu 70 menit dan pulang ke rumah jam 9:30. Sesampai di rumah, mereka masih harus mengerjakan PR dari sekolah dan dari bimbel.
  • Anak usia 15 tahun mulai pada pukul 7:06, mengambil satu kelas 60 menit dan dua 70 menit, selesai pada pukul 10:55 and getting a hell lot of homework to do.
  • 16 year-olds, 17 year-olds, 18 year-olds, now at high school, start at 9:45pm, have two 70 minute classes and finish at 12:20am, then have even more homework to do.
  • Dan ada kelas Sabtu, dan ini dilakukan walaupun beberapa sekolah memberlakukan setengah hari masuk untuk siswa. So basically there’s no Saturday break. And for education hungry mothers, they will send them to Sunday school as well.

Buat kamu yang nonton Korean Drama Playfull Kiss pasti tau banget dong perjuangan Oh Hani kaya apa buat belajar??

ImageImage

Image

Karena itu adalah DRAMA jadi ceritanya sedikit diberi bumbu penyedap… Oh Hani belajar ditemani pangeran tampan nan cerdas, Baek Seung Jo.. Kalo di kehidupan pelajar aslinya, hilangkan saja tokoh Baek Seung Jo! hahahha

Kemudian di Film Super Junior “Attack on the Pin Up Boys” juga menceritakan tentang pelajar (Kim Ki Bum) yang merasa terbebani akan rutinitas SMA, lalu memberontak dengan cara membuat blog yang mengundang perhatian banyak orang.

Image

Di situ Ki Bum harus belajar hingga larut malam agar ia bisa sukses masuk perguruan tinggi! Ada dialog Ibu Ki Bum yang berkata, “Bertahanlah selama setahun ini…” maksudnya Ki Bum harus bertahan dalam belajar giat di akhir tahun masa SMA-nya supaya dia bisa lulus ujian masuk perguruan tinggi.

ImageBanyak juga teman sekelas Ki Bum termasuk Donghae yang ketiduran di kelas saking capeknya belajar!!

 

- Apa tujuan para pelajar itu belajar sedemikian kerasnya?

Sama seperti di Indonesia, orang tua dan guru di Korea biasanya mendorong anak-anak mereka untuk menjadi seorang dokter atau insinyur dari kecil. Status sosial dan uang biasanya menjadi alasannya. Dorongan tersebut sangat kuat di sini sampai semua orang akan berdecak kagum apabila pacar Anda adalah seorang insinyur/dokter. Hal ini disebabkan oleh dorongan terus menerus dari guru-guru dan masyarakat.

Di Korea hal ini sudah sangat lazim dan terkadang mereka tidak merasa bahwa hal ini adalah sesuatu yang aneh dan seharusnya tidak terjadi. Beberapa orang Korea bahkan mengatakan bahwa memang dia tidak bisa mengikuti impiannya, tapi mungkin seharusnya tidak usah dilakukan sama sekali. Mereka juga akan mendorong anak-anaknya untuk mengambil bidang2 yang berstatus sosial tinggi dan menghasilkan banyak uang.

Membaca paragraf di atas, apakah kalian teringat dengan seseorang??

YAP!!! SUPER JUNIOR CHO KYUHYUNpernah bercerita tentang hal ini. Ayahnya menentangnya untuk menjadi penyanyi. Jelas saja, semua ayah dan ibu di Korea berharap anaknya menjadi dokter atau insyinyur, apalagi ayah Kyuhyun yang bahkan mengelola sebuah sekolah!

Image

Setiap hari Kyuhyun dipantau ayahnya melalui guru-guru di kelasnya. Ini diceritakan Kyuhyun di acara KBS Anyeonghaseyo with Super Junior. Kyuhyun bahkan dipukul oleh ayahnya karena bercita-cita untuk menjadi penyanyi! Bayangkan kalo waktu itu Kyuhyun nggak ngeyel jadi penyanyi?? Mana ada evil magnae di Super Junior??

Di acara KBS Anyeonghasseyo ini Ryeowook juga bercerita kalau dia pernah mencoba untuk kabur dari rumah karena dipaksa untuk belajar sama ortunya.

Image

Di Korea, akan lebih bangga bila memiliki suami seorang dokter atau insyinyur.. Hal ini benar dan diceritakan juga di beberapa K-Drama seperti Baek Seung Jo di Playful Kiss dan Seo Yunjae di drama BIG sangat dikagumi karena berprofesi sebagai DOKTER!!

ImageImage*Kriteria calon mantu ideal di KorSel*

- Keluhan dari pelajar Korea

ImageDi KBS Anyeonghaseo with Super Junior, menghadirkan seorang gadis bernama Haerin, pelajar Korea yang merasa ditekan oleh orang tuanya hingga tidak punya waktu untuk bermain. Orang tuanya ingin Haerin sukses dengan menyuruhnya belajar non stop! Hingga Haerin mengalami mimisan bahkan mimisan di kedua lubang hidung dan kebotakan di usianya yang masih muda!!

Banyak juga kasus depresi yang lebih parah hingga menyebabkan angka bunuh diri meningkat drastis ketika akan tiba Ujian Nasional (Su-neung)

Penilaian dalam memasuki universitas ialah kombinasi dari pencapaian selama masa SMA digabungkan dengan nilai ketika tes skolastik secara nasional (Su-Neung), agak berbeda dengan negara kita yang menilai hanya dari hasil SNMPTN saja.

Rapor ketika SMA menyumbang 40% dalam penentuan kelulusan. Akan tetapi, karena ujian di sekolah juga sama pentingnya dengan ujian untuk memasuki universitas, maka pelajar di sana tidak memiliki waktu untuk bersantai. Menurut statistik, pelajar di Korea harus menghafal 60 hingga 100 halaman setiap kali tes untuk bisa mendapat nilai bagus.

Tes untuk masuk universitas sangatlah penting karena menentukan masa depan siswa tersebut. Saking pentingnya, ketika masa-masa mendekati ujian perkantoran buka jam 10 pagi untuk mengakomodasi para orang tua yang menemani anaknya belajar hingga malam. Pada sore harinya, tempat-tempat rekreasi seperti klub tenis juga tutup lebih awal agar siswa dapat belajar di sore harinya.

Pada hari ujian, polisi-polisi tak segan untuk membantu mengantar pelajar yang terlambat untuk mengikuti ujian dan adik-adik kelas sengaja datang untuk mendukung dan memberi semangat kakak-kakak kelas mereka yang ikut ujian.

Polisi memberi tumpangan pada siswa yang terlambat mengikuti ujian

Seorang ayah memeluk putrinya yang ikut ujian

Berdoa untuk anak-anak mereka yang ujian

Memberi semangat pada kakak kelas mereka yang ikut ujian

 

- Apakah semua orang tua di Korea seperti itu?

Mayoritas orang tua di Korea seperti itu. Lalu bagaimana dengan yang minoritas??

Mereka yang tidak tahan melihat anak-anaknya ditekan oleh sistem pengajaran di sekolah, akan mengirim istri dan anaknya ke luar negeri dan sang suami akan tetap di Korea untuk bekerja mencari uang. Untuk beberapa orang yang kaya, akan pindah kerja ke luar negeri untuk menyekolahkan anaknya. 

Mereka biasanya memilih Amerika karena memiliki sistem pendidikan yang membebaskan anak bersekolah sesuai bakat mereka.

Mimin juga punya teman facebook *hahahhaa* anak Korea yang tinggal di Salisbury, Maryland, namanya mimin rahasiakan *privasi boooo*.. Dia cerita kalo keluarganya pindah ke Amrik sampai dia dan adiknya lulus sekolah.. Dia juga kangen sama saudara-saudaranya di Incheon, tapi karena masalah sistem pendidikan Korea yang seperti itulah yang membuatnya tinggal di Amerika.

Jumlah siswa praperguruan tinggi dari Korea Selatan yang belajar di luar negeri telah naik jadi lebih dari 18.600 pada 2011 dari 4.300 pada 2000, demikian keterangan dari Lembaga Pengembangan Pendidikan Korea, suatu badan pemerintah.

 

Mimin sekarang jadi penasaran sama K-ELF! Bagaimana cara mereka membagi waktu fangirling dan sekolah???? Dan buat kita pelajar Indonesia, jadi tambah semangat ya! Jangan males-malesan! Hohoho

Image

written by: @thesissaa

referensi:

http://colour-of-asia.blogspot.com/

http://padmanaba.or.id

http://internasional.kompas.com

PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDIT!!!!!! DO NOT HOTLINK!

About these ads

About SJForIndonesia

We're fanbase dedicated for SUPER JUNIOR! we're from INA^-^

Posted on 2012/08/29, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 26 Comments.

  1. Sadeeeeez man, pantesan aj negaranya maju pesat kalo sistem belajarnya koyo ngono ck.ck.ck..

  2. nice information :) jadi lebih tau niiiih

  3. aigoo…
    parah banget dah ternyata pendidikan di korea, sampe gk bisa ngebayangin…
    pastesan aja di playfull kiss mereka pda pulang malam…
    makasih infox, skarang jadi tau ttg sistem pendidikan di korea…

  4. ada sisi baik dan buruknya. Tapi kita harus salut sama mereka yg mengedepankan pendidikan. Di sana berasa ga ada malam hari. Tengah malem aja masih melakukan rutinitas. Whoaaa.

  5. Wooww, ternyata pendidikan dsana ketat bget, kalo di indonesia kyak gtu gmana ya?
    Salut deh sama K-ELF yg bisa ngebagi wktu nya.

  6. wahhh!!! bisa mati aku kalo pembelajarannya kayak gitu..

  7. wah sistem belajarnya kyk gitu ya… killer bgt o.o
    gomawo miin utk Informasinya :DD

  8. sumpah…deg-deg-an bacanya min~~~
    gatau kenapa~~hah……kyknya klo ortu sma saya di korea bakal ngelakuin hal yg sma kyk temen mimin di fb itu tuh :D

  9. seharusnya sistem di Indonesia bsa seperti itu, skarang kembali pada kesadaran msing2 individu sja..

    tapi ketat juga kalo kayak gtu, -_- , korea-jepang it sistemy hmpir sama, pntes teknologi dr tahun ke thun smkin brkmbang

    KAsian Kibum ma KYUppa, tp usahax membuahkan hasil T.T !! IQ trtinggi..

  10. Wacg kalau aq yg Sekolah dStu gx betah decgh…Stresszxxx Salut Sma Kyu Hyun tetep pinter

  11. horor sumpah!
    tp pendidikan dsna sebanding dgn hasil yg dcapai,negaranya maju pesat
    tapi maennya kapaaan?

  12. Dan Q bersyukur jd salah satu anak Indonesia. Belajarnya gak perlu separah ini…Hhe..:D
    Dl d skolah Q balik jam 5 aj dah capek bgt rasa ny,,blm lagi les sana sini,,smpe jam 7 malem.. Lah ini,n.rka smpe jam 12 malem trnyata.. Ad yg lbh parah..:D
    Gak kebayang si Kyu bljr ny gt,,aplg dy olimpiade matematika jg yaaa???? Hebattttt…. Salut bwt Kyu… Kl ad recycle film playful kiss,,Kyu jd seung jo nya aj.. Kan cocok tuh,,dy kan pinter…^^

  13. Astaga.. Jauh beda dgn d indonesia.. Bnyak siswa siswi. D indonesia suruh skolah ja mls nambah bnyak yg bolos pa lg suruh blajar sharian mpe tengah mlm

  14. Sungguh sistem pendidikan yang menyiksa~
    Lebih parah dari kerja rodi tu .

    thanks infonya min . Inspiring .# biar gak males lagi. hha

  15. WOW
    tapi min aku mau nanya, itukan pulangnya 9.30am, 10 am, 12.20 am (siang) kalo ada yang jadi trainee di agensi kan latihannya bisa 8-9 jam sehari, itu gimana tuh jadinya?
    Aku masih bingung, itu yang jam2nya dari malam-siang kah ?? Yang dr 9.45pm – 12.20 am = 9 malam – 12 siang/12malam ?! O.O
    kalo gitu latihan trainee kapan ? Sedangkan para trainee pan biasanya pulang latihan bisa around 12 -3 subuh. Aku masih bingung sumpah T_T

  16. Di sinister nilai hancur
    Di sna ranking terakhir dr 1 sekolahan
    Wkwkwk
    Tp pngen skol a di sana :D

  17. waaaw gila ini sih sekolah kaya gitu, beda banget kaya di indonesia. sekolah aja mau mau engga engga alias males malesan. kalo sekolah dikorea kayanya ga bisa mikirin yang namanya have fun, bolak balik ke mall, nongkrong cuma buat kesenangan aja. semangat deh yang bersekolah di korea :D

  18. cckckck…
    sadis banget ternyata,,

  19. Kalo trainee gimana ya? Sekolah udah sampai malem, terus latihan, gimana ngebagi waktunya? Anjrit keren *prok prok prok*

  20. Fangirlingnya pas malem min. Mereka paling bersyukur kalau dapet insomnia :D *kayak saya* :D

  21. aku mungkin bkal suka kalo sistem kaya gtu… ngedorong juga buat kita jadi sukses..

  22. sampe melongo o.o

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 58,814 other followers

%d bloggers like this: