THE SECRET OF SUJU CHAP. 2 part 1

Chapter 2 Part 1 – Moon Yong Ho berkata

“SUPER JUNIOR adalah muridku yang lucu” – Moon Yong Ho

Kalau kalian ingin mendengar cerita tentang Super Junior di hari-hari trainee mereka, pasti cara terbaik untuk mendapatkan jawabannya adalah dari guru yang mengajar mereka. Dia tidak lain adalah pelatih vokal mereka sonsaengnim Moon Yong Ho.

Sebelumnya dalam buku “The Secrets of Dong Bang Shin Ki 2″, penulis ini juga mewawancarainya. Dia adalah guru yang dihormati penulis ini, dan juga guru yang mengajar DBSK dan Super Junior, dan dia memiliki lebih dari 1300 siswa yang telah belajar darinya, termasuk anggota DBSK Yunho dan Junsu, serta beberapa anggota Super Junior. Ia juga mengajar beberapa anggota SNSD, serta berbagai artis terkenal.

Kali ini, aku mengundang Moon Yong Ho sonsaengnim untuk berbicara tentang hari-hari trainee Super Junior, informasi tentang SM Entertainment, dan kesulitan yang sonsaengnim sendiri harus menjalani di jalan untuk menjadi seorang penyanyi.

Kesan Super Junior selama hari trainee mereka

Moon Yong Ho (ini disingkat menjadi MYH untuk referensi lebih mudah): Para member yang kuajarkan adalah Heechul, Sungmin, Yesung, Kibum, Hangeng, Eunhyuk, Donghae dan Leeteuk. Aku mengakhiri pekerjaanku sebagai pelatih vokal di S.M. Entertainment tepat sebelum debut DBSK, jadi ada beberapa anggota Super Junior yang aku tidak mendapat kesempatan untuk mengajar. Mari kita lihat satu-per-satu pada setiap siswa yang kuajar.

Pertama, aku akan berbicara tentang Heechul, ia meninggalkan kesan yang mendalam padaku. Ia berasal dari sebuah kota kecil dan bergabung sebagai trainee (ia sebenarnya lahir di Seoul), jadi dia sedikit memiliki aksen saat itu. Aksennya adalah bagian dari keunikan, dan sudah pasti bukan hal yang buruk, tapi kadang-kadang ketika ia bernyanyi, itu menghalangi vokalisasi dan intonasi. Caranya berpikir sudah sangat menakjubkan dan bahkan kemudian kupikir unik. Selama mengajar, ada saat-saat akuakan menanyakan pertanyaan, dan Heechul sering memberikan jawaban dimana aku tidak akan pernah memikirkannya, sesuatu yang mungkin benar-benar keterlaluan pada waktu itu, dan kadang-kadang aku akan berakhir dengan memarahi dia. Aku tidak pernah berpikir bahwa kepribadian uniknya kemudian akan dibawanya sampai hari ini. Ketika aku berpikir tentang hal ini sekarang, aku mungkin telah mencoba untuk meredam sifat-sifat yang uniknya, dengan suatu pikiran seperti “Jika saja aku bisa membuatnya lebih hormat …”.

Aksen dan intonasinya segera dikoreksi, dan setelah itu aku ingat dia diminta untuk menjadi MC untuk banyak program musik dan kegiatan-nya meningkat.

Berikutnya adalah Sungmin. Kesanku tentang dia adalah bahwa dia sangat lucu, sangat menggemaskan. Ia juga dianugerahi dengan suara berbakat. Aku ingat bagaimana ia bisa berdiri karena ia memiliki wajah cantik.

Dan kemudian, Yesung. Dengan kemampuan bernyanyi itu mudah untuk memahami langsung jawaban atas pertanyaan seperti “Mengapa dia memilih untuk menjadi seorang penyanyi?” dan “Mengapa ia menjadi trainee?”. Dia murid yang sangat pekerja keras dengan kepribadian yang sangat ceria dan dia adalah seorang anak yang baik.

Kibum juga meninggalkan kesan yang mendalam padaku. Aku ingat keduanya baik: Kibum dan Hangeng, terutama karena mereka datang dari luar negeri. Sehubungan dengan Kibum, cara dia berpakaian sedikit berbeda dibandingkan dengan peserta lain. Dia akan memakai topi dengan cara yang miring, dalam gaya hip-hop. Dia akan selalu mengenakan celana baggy, dan setiap kali ia bercampur dengan trainee lainnya … dia memberi kesan menjadi magnae, itu sangat lucu untuk dilihat.

Setiap hari, dia akan mendatangiku dengan senyum di wajahnya dan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan musik yang membuatnya penasaran, “Apa ini? Bagaimana jika saya melakukan ini??”. Dia akan bertanya begitu banyak … seolah-olah ia benar-benar keponakanku *tertawa*. Dari pertama kali aku bertemu dia, dia selalu tersenyum, aku bertanya-tanya apa dia selalu senang *tertawa*.

Aku tahu mengapa dia seperti ini selama pelajaran, tentang  seperti apa hidup yang dia jalani ketika dia tinggal di Amerika. Baginya, segala sesuatu yang ia lakukan adalah menyenangkan. Bersama dengan Kibum selalu akan membuatku merasa bahagia. Dia pandai menyanyi, dan bahkan selama kelas, bahwa “atmosfer magnae” bahwa ia akan paling bersinar, meskipun ada anak-anak lain yang juga memiliki kesan seperti itu. Mereka sering akan mencoba hal yang berbeda karena keingintahuan mereka, dan di antara mereka, pada waktu itu, aku merasa bahwa Kibum adalah orang yang paling aegyo.

Satu-satunya adalah bahwa dia tidak tampak seperti trainee sama sekali, baik di SM Entertainment atau perusahaan lain. Sekarang, semua orang mengenakan baju yang sama di atas panggung, dan kalian mungkin hanya dapat mengetahui tentang Kibum hari ini, tetapi ia terbiasa dengan gaya hip-hop, jins baggy dan topi yang selalu miring ke salah satu sisi, yang membuat kalian merasa seperti dia dari luar negeri. Dia sama sekali tidak tampak seperti anggota Super Junior, dan kemudian aku berpikir bahwa ia tampaknya tidak benar-benar cocok dengan grup ini.

Hangeng berasal dari Cina, dan tidak bisa berkomunikasi di Korea. Pada saat itu, dia benar-benar tidak tahu Korea sama sekali. Aku tidak dapat benar-benar melakukan percakapan dengan dia, jadi aku tidak benar-benar bisa mengenalnya dengan baik.

Karena aku tidak bisa berbicara bahasa Mandarin dan ia tidak bisa berbahasa Korea, “percakapan” kita sesekali akan terdiri dari gerakan seperti “Apakah kamu sudah makan?” ia akan menjawab “Ya ~ sonsaengnim ~” dan aku akan bercanda dengan dia menggunakan Mandarin palsu (A / N: Seperti meniru Tamori-san, pelawak terkenal TV di Jepang,kalau di korea seperti Yoo Jaesuk dan Kang Ho Dong) dan akan membuatnya tertawa. Namun karena contoh ini dan sekali lagi aku melakukan “gag Mandarin”, aku bisa mengenal dia sedikit lebih baik.

Dan selanjutnya adalah Eunhyuk.

Penulis (yang kemudian disingkat A): Eunhyuk adalah teman baik JunSu, salah satu muridmu.

MYH: Itu benar. Dia selalu datang untuk belajar bersama-sama dengan Junsu. Mereka tidak pernah terpisah. Mereka selalu bersama, seperti saudara kandung. Keduanya adalah anak-anak nakal, dan mereka mencintai sepak bola. Tapi karena mereka hidup sedikit lebih jauh, mereka akan masuk kelas sedikit lebih lambat dari murid lain.

Ketika mereka tiba, aku akan meminta mereka “Apa yang kamu lakukan hari ini sebelum datang ke sini?”, Dan lebih sering tidak lain jawabannya akan “bola”. Tampaknya mereka berdua penggemar berat sepak bola.

Karena mereka tidak bisa sering bermain, mereka akan melakukannya dengan baik ketika mereka bisa – ingin sedikit olahraga sebelum masuk kelas. Tampaknya mereka ingin memiliki sedikit latihan, tetapi pada saat yang sama ingin ikut kelas menyanyi, sehingga mereka akhirnya akan masuk ke kelas tanpa berganti pakaian tepat setelah sesi sepak bola.

A: Jadi mereka akan mengenakan kaus selama pelajaran?

MYH: Benar. Anak-anak lain akan pulang dan mengganti baju, atau orang lain akan datang dengan seragam sekolah mereka, namun keduanya – karena mereka tinggal jauh dan mencintai olahraga, baik itu seragam atau kaus mereka, mereka selalu tampak agak bernoda lumpur ketika mereka datang untuk kelas

Berikutnya adalah Donghae. Donghae adalah trainee pertama yang kutemui di S.M. Entertainment, jadi dia meninggalkan kesan yang mendalam padaku. Aku akan menjelaskannya lebih detail kemudian tentang kapan aku bertemu dia, tapi ia benar-benar menggemaskan dan berasal dari daerah pesisir, dan sangat pekerja keras. Dia adalah orang yang iseng, dan tak terduga, cukup bodoh. Dia benar-benar memberi kesan “jantan”.

Dan yang terakhir tapi bukan yang paling akhir, Leeteuk. Dia benar-benar salah satu muridku yang paling berharga. Dia datang untuk bicara denganku tentang masalah pribadi dan kekhawatiran – dan walaupun itu bukan sesuatu yang harus kulakukan kemudian – aku membawanya keluar minum kadang-kadang untuk mendengarkan cerita-ceritanya.

Sensei perlu melakukan audisi juga?!

Dalam perusahaan hiburan, ada “pelatih” yang mengajar akting, menyanyi dan menari untuk trainee. Tidak sembarang orang bisa menjadi pelatih – mereka harus menjalani audisi menyeluruh untuk menjadi satu.

MYH: Pertama kali aku pergi ke S.M. Entertainment adalah untuk audisi sebagai salah satu pelatih di sana. Untuk menjadi pelatih / dosen, seseorang harus menjalani audisi. Aku rasa selama waktuku (menjadi rainee) itu juga sama? Aku tidak begitu yakin bagaimana hal itu saat itu, tapi di sini, di perusahaan ini, bahkan selama pelajaran, selalu ada perekaman. Sekitar satu bulan setelah audisi, hasilnya kemudian dirilis. Aku melewati audisi, tapi ada juga banyak juga orang lain yang mengambil tes selama audisi.

A: Apakah dirimu diminta untuk ikut ke audisi?

MYH: Itu adalah suatu kebetulan bahwa aku mendapat pesan. Kamutahu ketika kamu mengajar banyak siswa di perusahaan yang berbeda, kamu cenderung untuk sering memberitahukan nomormu kan. Tampaknya mereka melihat nomor teleponku dan menghubungiku.

Tentu saja, perusahaan memilih pelatih berdasarkan kemampuan mereka, dan SM Entertainment tidak berbeda. Daripada mendapatkan karena koneksi, tampaknya mereka memilih banyak orang berdasarkan semangat mereka untuk musik.

Ketika datang dengan kriteria seleksi untuk trainee juga, mereka juga memiliki banyak orang yang audisi dan hanya sepertinya mereka hanya bisa memilih satu atau dua dari begitu banyak untuk menjadi trainee, proses ini sangat mirip – mereka akan menjemput mereka yang benar-benar berbakat dan bekerja keras pada apa yang mereka lakukan, sehingga perusahaan sendiri juga melakukan banyak pekerjaan untuk mencari pelatih. Aku bukan satu-satunya pelatih pada S.M. Entertainment waktu itu, ada banyak pelatih lain juga.

Ketika aku berada di S.M. Entertainment, ada sekitar 4 pelatih vokal. Semua dari kita memiliki pendekatan dan cara yang berbeda dalam mengajar siswa kami. Dalam S.M. Entertainment, tidak ada hanya satu cara melakukan sesuatu, dan tipe dan kepribadian orang-orang yang bekerja bersama denganmu juga berbeda. Terlepas dari orang yang berbeda, perusahaan akan memilih orang yang mereka rasa adalah yang paling cocok untuk itu… Ehm, aku tidak yakin alasan mereka memilihku. Bahkan kemudian, tepat di awal, selama audisi untuk menjadi pelatih di SM Entertainmnet aku paling tidak harus melakukan dan melihat di mana mereka belajar dan memberikan praktek langsung kan?

Pada saat itu, para peserta trainee pertama yang kutemui di S.M. Entertainment tidak lain adalah Donghae. Dia seperti anak kecil, begitu kecil dan imut kemudian. Aku mengajak Donghae ke ruang pelatihan dan selama sekitar 30 menit interaksi kami difilmkan di ruang kelas. Ada saat aku berpikir, “Mungkin ini berkat Donghae aku mendapatkan pekerjaan ini di SM Entertainment”. Bagiku, aku merasa bahwa aku punya hubungan khusus dengan Donghae.

A: Terakhir kali dalam “The Secrets of Dong Bang Shin Ki 2″ ketika aku mewawancaraimu, kamu menyebutkan Heechul, dan bagaimana ia adalah murid yang meninggalkan kesan mendalam padamu.

MYH: Dia adalah orang yang benar-benar berkarakter 4D. Setiap kali aku mengajukan pertanyaan di kelas, paling tidak aku mampu mengukur jenis jawaban yang akan kudapatkan dari pertanyaan-pertanyaanku. Tapi dia benar-benar berbeda dibandingkan dengan siswa lain. Dia sering akan memberiku jawaban yang sebgaian besar benar-benar tidak terduga…. Jawaban yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pertanyaanku …

Aku akan mencari ini atau meminta untuk itu [jenis jawaban], tapi anak ini yang selalu mengatakan dan melakukan hal-hal yang berbeda … pada waktu itu, daripada mencari hal menarik, dari titik pandang guru, aku lebih sering memarahinya . Sekarang ketika aku memikirkan kembali, itu merupakan bagian dari pesona Heechul.

Berbicara tentang Leeteuk kemudian … kupikir dia sudah hampir 20 tahun ketika aku bertemu dia? Dengan usianya yang segitu, untuk pertama kalinya sejak aku bertemu dia, aku membawanya keluar minum. Tentu saja aku melakukannya diam-diam, tidak membiarkan perusahaan tahu. Kamu tanya kenapa? Kita tidak seharusnya mengajaktrainee keluar minum-minum ketika kita ingin tentu saja.

Namun, biasanya aku tidak akan punya banyak waktu untuk benar-benar berbicara kepadanya [selama pelajaran], dan setiap kali kelas berakhir, selalu akan sangat terlambat.

Aku ingin setidaknya bisa melakukan sesuatu untuknya. Sama seperti anak-anak lain, ia selalu memberikan semuanya, tetapi tidak seperti peserta lain, ia juga agak sedikit lebih tua dari mereka, sehingga cukup wajar baginya untuk menjaga mereka kan. Melihat dia seperti itu, memperlakukan mereka dengan baik bahkan ketika dia sendiri merasa bermasalah, aku membawanya bersamaku ke sebuah bar yang sering ku kunjungi.

Meskipun sebagai “guru”, bisa jadi sulit untuk sampai kepada siswa karena posisi itu, aku juga mencoba sebaik mungkin menunjukkan kepada mereka sisi terang, tidak hanya kepribadianku sebagai pengajar.

Seperti keluarga, misalnya. Saudara kandung yang lebih muda selalu melihat pada yang lebih tua kan? Jadi jika mereka melihat kakak tampak cemas atau bermasalah maka adik akan kecewa juga kan?

Di antara trainee, Leeteuk yang tertua, jadi mungkin kalian bisa mengatakan bahwa dia ditakdirkan untuk menjadi “hyung” untuk mereka semua, dan meskipun dia selalu penuh senyum dan memiliki kepribadian yang sangat menyenangkan ketika dia ada bersama mereka, dia pasti harus memiliki beberapa kekhawatiran dan masalah sendiri juga. Dia tidak lahir dari keluarga yang kaya dan makmur, tapi cukup normal, dia dilahirkan dalam keluarga biasa.

Ketika aku pergi minum dengan dia, bahkan saat itu ia selalu memiliki udara penentuan di sekitarnya, “aku harus berhasil”, sesuatu yang ia perlu untuk konfirmasi dan mengingatkan diri. Begitulah dia menentukan dan dia bekerja keras selalu untuk itu.

Jika kita mengikuti urutan [usia], adalah waktu untuk debut berikutnya. Dia pernah menjadi peserta trainee terpanjang, tapi “Dong Bang Shin Ki” yang memulai karirnya pertama?

Leeteuk, yang telah dilatih bersama dengan anggota DBSK, yang berteman baik dengan mereka, berada dalam situasi bahkan lebih mengerikan dari peserta lain – itu berarti bahwa dia dibiarkan menunggu lagi untuk debut untuk waktu yang tidak ditentukan termasuk waktu dimana dia sudah menunggu untuk debut. Leeteuk juga cukup sedikit lebih tua dari anggota DBSK. Untuk melihat debut dongsaengmu sebelum dirimu, pasti sangat sulit bagi mentalnya juga.

Meski begitu, dia tidak menyerah. Dia terus berjalan. Dia sangat baik dalam menyanyi.

Dia sangat pekerja keras – bahkan dalam Super Junior ia memiliki begitu banyak peran berbeda bukan? kerja kerasnya tidak hanya untuk dirinya sendiri, dia juga bekerja keras untuk anggota Super Junior juga.

Ia sendiri adalah orang yang berdiri sangat kuat dalam keadaan apapun dirinya, sehingga bahkan jika ia tidak memulai debutnya dengan Super Junior, tapi dengan DBSK atau kelompok lain, ia masih akan mengambil tanggung jawabnya dengan sangat serius.

 

source :http://sj-world.net/forums/index.php?showtopic=57428

Translated by solitair@SJ-WORLD.NET

FULL CREDIT : SJForIndonesia

posted by: @Pizkyu

 

About SJForIndonesia

We're fanbase dedicated for SUPER JUNIOR! we're from INA^-^

Posted on 2011/07/11, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: