The Power of ELF!

The Power of ELF

  Di dunia hiburan kali ini tengah merambah demam K-Pop atau Hallyu Wave. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Sebenarnya K-Pop merambah dunia entertainment dalam skala internasional sudah terjadi sejak tahun 2000-an dengan diawali drama-nya yang menampilkan cerita yang berbeda dan khas. Kemudian orang-orang mulai mengenal penyanyi-penyanyi Korea dimulai dari penyanyi solo-nya sampai boyband/girlband-nya. Akhirnya lahirlah fandom-fandom dari boysband dan girlsband K-Pop di seluruh dunia.
            Kemunculan fandom untuk K-Idol pun menjadi sebuah fenomena di dunia industri musik. Kekuatan dari fans disebabkan karena mereka sama-sama memiliki keinginan untuk membuat idola mereka mendapatkan penghargaan yang layak sebagai penyanyi dan juga entertainer. Para fangirls ataupun fanboys K-Idol akan dengan mudahnya memiliki banyak teman baik di dalam negeri mereka sendiri hingga di luar negeri sehingga mereka juga sangat mudah bersatu padu membuat fenomena di dunia.
            Menyebut tentang kekuatan dari sebuah fandom, ELF atau EverLasting Friends sebuah fandom dari Super Junior, The King of K-Pop, memiliki beberapa fenomena di dunia K-Pop. Dimulai dari demo menolak anggota baru dan membeli saham perusahaan  entertainment dari Super Junior, SM Entertainment, hingga membeli bintang untuk para member dari Super Junior.
            Nama ELF diberikan oleh sang leader, Park Jungsoo atau Leeteuk, sebagai doa bahwa para fans akan selalu menjadi teman mereka selamanya. Doa ini pun adalah doa yang selalu terkabulkan. Hal ini dibuktikan dengan kekuatan ELF yang selalu melindungi dan mendukung ke-13 member Super Junior apapun yang terjadi sebagai sosok teman bagi Super Junior.
            Fenomena pertama yang terjadi ialah pada akhir November 2007. ELF Korea senior mampu mengumpulkan 1000 orang lebih untuk menolak anggota baru yang masuk ke Super Junior. Kedua anggota yang ditolak oleh ELF tersebut dimasukkan ke sub-group Super Junior yaitu Super Junior M yang fokus menjual album di China dan Taiwan dan saat promo sub-grup itu masih banyak ELF yang menentang keras keduanya. Pada aksi penolakan tersebut ELF membeli 58.206 lembar saham SM Entertainment dan memegang 0,3% dari keseluruhan saham perusahaan entertainment tersebut.
            Di album ketiga Super Junior dengan titel “Sorry, Sorry” pada tahun 2009, yang disebut sebagai album paling fenomenal karena membawa Super Junior menjadi The King of K-Pop di seluruh dunia, Super Junior berhasil membawa beberapa banyak penghargaan dan sebuah penghargaan terpenting dalam kategori penjualan album penuh terbaik di tahun tersebut yaitu Grand Prize Daesang Disk, di award bergengsi Asia, Golden Disk Award. Sayangnya di tahun berikutnya Super Junior tidak berhasil membawa pulang penghargaan itu lagi dan hanya mendapatkan beberapa award di Golden Disk Award. Melihat itu, ELF seluruh dunia berduka cita karena Leeteuk pernah mengatakan bahwa ia ingin mendapatkan penghargaan Grand Prize Daesang Disk sebelum ia berangkat wamil. Akhirnya C-ELF atau ELF China mengumpulkan uang sebanyak hampir $100.000.000 untuk membuat dua buah emas asli 24 karat berbentuk disk bertuliskan Golden Disk Award dan Super Junior. Super Junior sangat bersyukur sekali atas kepedulian ELF namun mereka berencana menyumbangkan emas itu kepada mereka yang lebih layak. Akan tetapi, karena harga emas yang semakin naik, mereka hanya bisa pasrah memajang dua buah golden disk itu di kantor manajemen mereka. Sebelumnya, pada Super Show 3 di Singapura, ELF Indonesia yang datang menonton konser tersebut juga memberikan ke-13 member Super Junior masing-masing 1 buah medali emas asli bertuliskan nama mereka.  Ini menunjukkan ELF merasakan hal yang sama untuk memberikan Super Junior penghargaan yang layak sebagai sekelompok entertainer.
            Selain fenomena golden disk di atas, ELF China juga pernah menunjukkan kuitansi pembayaran dari hasil membeli album ke-4 Super Junior, “Bonamana (Miinah)”, agar Super Junior bisa memenangkan Golden Disk Award karena hasil penjualan album tentunya sangat mempengaruhi penghargaan Daesang Disk Award. Kuitansi tersebut menunjukkan angka lebih dari 140.000.000 won! Meskipun pada tahun album ke-4 itu Super Junior tidak berhasil membawa pulangDaesang, ELF yang membeli album sebanyak 140.000.000 won patut diacungi jempol.
            Contoh lain kekuatan ELF ialah ELF mampu membeli bintang, benar-benar bintang dan memberikan nama bintang tersebut dengan member-member Super Junior. Member pertama yang diberikan bintang oleh ELF ialah Kim Heechul dengan nama Heenim sebagai hadiah ulang tahun. Disusul dengan member lain, Leeteuk sang leader dengan nama PJS.Wings oleh ELF Vietnam sebagai hadiah sebelum Leeteuk berangkat wamil. Kemudian Hankyung/Hangeng yang saat ini memilih bersolo karir, dengan nama Angelic ♥ Hangeng oleh ELF Hongkong. Kim Youngwoon atau Kangin mendapat satu dari ELF Indonesia dengan namaHandsomeYoungwoon. Shin Donghee/Shindong dengan bintangnyaShinsFriends oleh ELF Filiphina. Lee Sungmin dengan Pumpkin Prince Mingdari ELF Filiphina juga. Lee Hyukjae/Eunhyuk mendapatkan 3 bintang sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke 26; Jewel Hyuk dari ELF Taiwan, LeeHyukJaedan SayEunhyuk dari ELF Thailand. Lee Donghae sebagai hadiah Valentine dari ELF China dengan nama HAELOVE. Choi Siwon dengan nama Soldier of Light † Siwon dari ELF Taiwan. Kim Ryeowook dengan bintangnya White’s Heart, Wook dari ELF China. Kim Kibum dengan KimKibum dari China/Taiwan ELF. Cho Kyuhyun dengan nama Beloved ♥ GameKyu oleh ELF Hongkong. Kedua member Super Junior M pun mendapatkan satu, Zhou Mi dengan namaGENTLEMAN MIMI dan Henry dengan nama Henry Lau oleh ELF Filiphina. Terakhir yang masih dalam proyek ialah Kim Jongwoon atau Yesung. Bintang-bintang tersebut sudah bersertifikat dan memiliki bukti pembayarannya.
            Selain uang yang dikeluarkan sebagai hadiah kepada Super Junior, tentunya ELF juga banyak menyumbangkan kepada mereka yang membutuhkan atas nama Super Junior atau salah satu member mereka. Terakhir di bulan Oktober kemarin, ELF seluruh dunia bersatu menyumbangkan berton-ton beras atas nama Cho Kyuhyun untuk para manula. Sebelumnya ELF atas nama Choi Siwon juga menyumbangkan beras ke sebuah gereja untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Begitu juga atas nama Kim Ryeowook, sebanyak 3,8 ton beras disumbangkan atas namanya.
            Aksi-aksi ELF yang selalu mencengangkan ini membuat Super Junior menyebutnya “The Power of ELF”. Apakah semua ini berlebihan? Mungkin bagi kebanyakan orang iya, tetapi bagi ELF semua ini tidak ada apa-apanya dibanding perjuangan dan penderitaan Super Junior jika dilihat dari sejarah terbentuknya grup ini dari sebelum debut hingga mereka sukses sampai sekarang. ELF akan terus membawa kepopuleran Super Junior hingga ke seluruh penjuru dunia sesuai dengan keinginan leader Super Junior, Leeteuk, “Kita ingin membuat sebuah sejarah. Sampai dunia tertutupi oleh balon-balon berwarna Pearl Sapphire Blue, itu bukanlah akhir, tapi sebuah awal”.
cr: some ELF blog
reshared by admin PS – @piskewl
TAKE OUT WITH FULL CREDIT

About piskanrl

a fangirl

Posted on 2012/04/15, in Facts and tagged , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. ezzahchoi kimpochyu

    Kita selalu ber5ama . . KARNA KITA EVER LASTING FRIEND . . .
    . . . .saranghae OPpadEUL . . .
    YepPA BINTANGX blm masuk Y ? ?#lol . . . .

  2. Everlasting Friend..
    Remember that, not Everlasting Fans…
    So, being Super Junior fans, is like found an old Friend..
    And they know us ^^

  3. kami akan slalu bersama kalian…
    selamanya…..

  4. aigoo..aku nangis membacanya

  5. aigoo…..
    Oppadeul terus semangat aq slalu berdoa buat muanya termasuk para sesama ELF:)

  6. Aku masih bingung, beli bintang?
    Bintang apaan?
    Bintang di langit?

  7. maksud’a bintang apaan??? ==a
    gak ngerti.. -_______-“)

  1. Pingback: The Power of ELF (Copas) « risnaananda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: